Kamis, 26 April 2012

FEEDING RATE

 "Feeding rate (FR) adalah persentase pemberian pakan harian yang ditentukan berdasarkan ABW dan dihitung dari BIOMASS ikan. Pemakaian FR yang tepat dapat menghasilkan pertumbuhan ikan yang optimal dan penggunaan pakan yang efisien. Mubadzir memberikan pakan melebihi ambang ADG-nya, Pemberian pakan yang tidak terkontrol, berakibat pemborosan pakan dan membebani lingkungan dg limbahnya, padahal ikan dibatasi oleh pertumbuhan berat harian (ADG).
Analoginya.......... Ikan dalam kolam sama halnya dengan kita yang sedang berada dalam suatu ruangan dan melakukan aktivitas makan dalam ruangan tersebut. Jika kita makan makanan yang lebih dari kemampuan kita maka pakan tersebut akan bersisa.
Sisa makan kita letakkan dalam ruangan tersebut. Sewaktu kita lapar kembali dan kita akan memakan makanan yang sisa tadi ternyata sudah tidak dapat dimakan karena sudah basi. Kemudian kita diberikan lagi makanan yang berlebih.
Dan bersisa lagi. Sisanya juga basi. Hal ini berlangsung dalam waktu berhari-hari sehingga makanan sisa yang basi dan membusuk bertambah setiap harinya didalam ruangan tempat kita tinggal. Kita bisa bayangkan apa yang akan terjadi? Kemungkinan ruangan tempat kita berada tersebut akan terjadi bau yang tidak sedap. Jelas udaranya tidak segar seperti awalnya dan bibit penyakit yang ditimbulkan dari sisa makanan yang busuk tadi akan mengakibatkan kita jadi stress, sehingga kekebalan tubuh akan menurun dan penyakit akan mudah masuk ketubuh kita......
begitu juga dg ikan jika pakan berlebih,,,,lingkungan kotor ~ ikan stress ~ nafsu makan menurun ~ kekebalan tubuh hilang ~ mudah terserang penyakit ~ ikan mati Utk itu lakukan FR yg tepat + asupan suplement utk meningkatkan nafsu makan ikan dan utk memacu pertumbuhan + asupan imunostimulant utk meningkatkan rangsang kebal (antibodi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar